Tips memilih kontraktor rumah terpercaya

by admin |Januari 6, 2018 | Tips
Tips Memilih Kontraktor Rumah Terpercaya

Rumah merupakan hal penting dalam kehidupan kita. Karena itu tidak sedikit orang yang ingin membangun rumahnya sendiri atau bahkan merenovasinya. Hal yang paling penting dan juga paling sulit ketika ingin membangun rumah adalah menemukan kontraktor yang tepat. Kontraktor yang tepat disini adalah Kontraktor terpercaya baik dalam segi biaya dan pengerjaan. Nah kali ini Bintang Baru akan membagikan tips cara memilih kontraktor terpercaya.

1. Jangan terburu-buru memilih

Pastikan jangan terburu-buru ketika memilih kontraktor. Ingat bahwa anda memilih kontraktor untuk membangun rumah yang anda tinggali dalam waktu lama bahkan selamanya. Banyak orang yang langsung memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan kontraktor pertama yang mereka temui. Ada juga yang memilih berdasarakan naluri saja. Tentu saja hal itu kurang bijak untuk dilakukan. Pelajari semua yang dapat Anda pelajari tentang membangun rumah, lakukan interview mendetail dengan lebih dari satu kontraktor agar anda bisa melakukan penilaian mana yang terbaik dan terpercaya.

2. Dapatkan referensi atau masukan

Seperti yang disebutkan di poin pertama, carilah referensi kontraktor sebanyak-banyaknya. Semakin banyak Anda memperoleh referensi, semakin mudah Anda membandingkan dari segi budget maupun portofolio hasil pengerjaan sebelumnya. Manfaatkan jaringan Anda, mintalah rekomendasi kepada keluarga, teman, maupun rekan kerja Anda.

3. Lakukan “penyelidikan”

Setelah mendapatkan referensi, tentu Anda perlu menyelidiki lebih dalam. Carilah testimonial dari pengguna jasa dan portofolio proyek pembangunan rumah yang telah dilakukan. Jangan sungkan untuk mewawancarai calon kontraktor rumah Anda. Pastikan mereka memiliki surat izin resmi dan berbadan hukum. Bila mereka sedang mengerjakan proyek di tempat lain, ada baiknya Anda melakukan survei dan mengamati proses pengerjaan proyek tersebut secara langsung. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih aktual.

4. Diskusikan biaya

Biaya atau budget adalah faktor yang cukup penting dalam mendirikan rumah, namun juga cukup tricky. B untuk mencari kontraktor yang sesuai dengan budget yang Anda sediakan. Setelah mendapatkan kontraktor yang sesuai, Anda bisa meminta usulan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) untuk kemudian diperiksa dan diperbincangkan lebih lanjut.

5. Tanyakan ketersediaan garansi

Kontraktor yang baik menjamin kepuasan atas kualitas pekerjaannya. Apakah mereka akan memberikan after-service atau garansi jika terdapat kerusakan atau kondisi yang kurang memuaskan? Pastikan juga apakah mereka cukup cepat tanggap dalam menanggapi keluhan dari pelanggannya. Jika tidak ada tanda-tanda bahwa mereka akan memberikan garansi, mintalah! Coba bayangkan jika atap Anda bocor namun Anda baru mengetahuinya ketika musim hujan datang hanya karena semua tampak baik-baik saja saat rumah Anda selesai pada musim kemarau lalu.

6. Pastikan pihak kontraktor bersedia terikat kontrak

Hal ini sangat penting. Keberadaan Surat Perjanjian Kerja (SPK) akan membuat Anda merasa lebih aman dan terjamin karena Anda akan meminimalisir kecurangan yang mungkin dilakukan. Usahakan untuk menyusun SPK sedetail mungkin, dengan rincian anggaran, jumlah jam kerja yang diharapkan, dan tahapan pembayaran. SPK harus ditanda tangani kedua belah pihan dan jangan lupa menggunakan materai untuk mengesahkan dokumen tersebut. Buatlah dua rangkap untuk dipegang masing-masing oleh Anda dan pihak kontraktor.

Nah, sudah paham bagaimana memilih kontraktor yang tepat? Semoga Anda dapat menemukan kontraktor terbaik dan mewujudkan rumah impian Anda dalam waktu dekat.

Share this post: